Selasa, 16 Januari 2018

Batu Akik Lumik Sungai Dareh yg Mendunia

~ Batu Akik Lumik Sungai Dareh yang Mendunia - Dan ternyata eh takterduga presiden Amerika Serikat, Barrack Obama juga menggunakan batu dari Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat ini.
Sehingga berdampak pada harga jualnya semakin tinggi mencapai jutaan rupiah. Jumlah pemakai batu akik ini pun semakin bertambah. Penggunanya nir hanya kalangan masyarakat biasa saja, akan akan tetapi juga merambah pejabat wilayah & sentra, politisi & orang ternama lainnya.

Leberadaan batu akik ini sudah dikenal  dari tahun1960 di tanah air. Tapi baru semakin terkenal sekitar lima tahun belakangan ini. Kelangkaan pun sering terjadi,

karena memang keberadaannya di alam sangat terbatas. Sehingga perajin kekurangan bahan baku, sedangkan penjual kehabisan stok. Kelangkaan ini juga berakibat harga batu akik ini semakin meroket.

Ketenaran batu akik ini memang karena sokongan dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang sangat aktif dalam melakukan kenaikan pangkat. Biasanya Pemkab membagikan cinderamata kepada tamu dari provinsi lain atau pejabat sentra. Bahkan mantan presiden SBY juga dikabarkan menggunakan batu akik lumut ini. Termasuk mantan menteri dalam negeri, Gamawan Fauzi. Karena itu popularitas batu akik ini semakin tinggi.

Warna batu akik ini tercatat muncul sekitar 68 rona. Diantara rona yang terkenal merupakan pucung pisang & kumbang jati. Sejumlah batu mulia lain yang warnanya mirip dengan batu akik lumut ini merupakan batu yakub, giok, jamrud & topas. Jadi jangan hingga Enda keliru dalam membelinya.Demikianlah ulasan singkat mengenai Batu Akik Lumik Sungai Dareh yang Mendunia, semoga berguna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar