Senin, 15 Januari 2018

Batu Akik Lumik Sungai Dareh yang Mendunia

~ Batu Akik Lumik Sungai Dareh yg Mendunia - Dan ternyata eh takterduga presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pula memakai batu asal Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat ini.
Sehingga berdampak pada harga jualnya semakin tinggi mencapai jutaan rupiah. Jumlah pemakai batu akik ini pun semakin bertambah. Penggunanya nir hanya kalangan warga biasa saja, akan akan akan tetapi pula merambah pejabat wilayah & pusat, politisi & orang ternama lainnya.

Leberadaan batu akik ini sudah dikenal  asal tahun1960 pada tanah air. Tapi baru semakin populer sekitar lima tahun belakangan ini. Kelangkaan pun tidak sporadis terjadi,

karena memang keberadaannya pada alam sangat terbatas. Sehingga perajin kekurangan bahan standar, sedangkan penjual kehabisan stok. Kelangkaan ini pula menimbulkan harga batu akik ini semakin meroket.

Ketenaran batu akik ini memang karena sokongan asal Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yg sangat aktif dalam melakukan promosi. Biasanya Pemkab membagikan cinderamata kepada tamu asal provinsi lain atau pejabat pusat. Bahkan mantan presiden SBY pula dikabarkan memakai batu akik lumut ini. Termasuk mantan menteri dalam negeri, Gamawan Fauzi. Karena itu popularitas batu akik ini semakin tinggi.

Warna batu akik ini tercatat timbul sekitar 68 rona. Diantara rona yg populer merupakan pucung pisang & kumbang jati. Sejumlah batu mulia lain yg warnanya seperti memakai batu akik lumut ini merupakan batu yakub, giok, jamrud & topas. Jadi jangan hingga Enda galat dalam membelinya.Demikianlah ulasan singkat tentang Batu Akik Lumik Sungai Dareh yg Mendunia, semoga mempunyai kegunaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar